Home » » Cara Mendirikan Taman Bacaan

Cara Mendirikan Taman Bacaan

Membuat taman bacaan sendiri ? Wow ! Membayangkan kalimat ini, yang muncul selalu sederet kerjaan jelimet yang sulit diwujudkan, antara lain uang dari mana buat beli buku-buku, tempat strategis yang tentunya mahal, bagaimana menggaji pengurus dan penjaga tiap hari, dan sebagainya. Padahal ada cara gampang bikin taman bacaan. Kalau mau ditekuni, membuat taman bacaan ternyata tidak sulit-sulit amat. Yang diperlukan Cuma mengubah bayang-bayang besar soal taman bacaan menjadi sesuatu yang sederhana.

Pertama, jangan berfikir muluk tentang Taman Bacaan. Langkah awal ini penting untuk mengukur antara kemampuan yang dimiliki dengan cita cita yang mau diwujudkan. Dan jangan pernah membandingkan antara taman bacaan yang mau dibangun dengan perpustakaan besar yang pernah dikunjungi. Karena ini bisa memperbesar kesenjangan antara keinginan dengan kemampuan.
Beberapa taaman bacaan yang berhasil justru dimulai dari sarana yang sederhana dan mudah terjangkau. Misalnya pengalaman Santi Soekanto dengan Stasiun Bukunya yang bermula dari ruang tamu rumah kontrakan berukuran empat kali empat meter persegi, juga, Gola Gong dengan Pustakaloka Rumah Dunianya yang dibangun di kebun belakang rumahnya . atau seperti saya dengan Taman Bacaan Anak “Gudang Ilmu” yang menggunakan ruangan kerja saya.

Fakta dan pengalaman diatas menunjukkan bahwa membuat taman bacaan yang diperuntukkan untuk kemaslahatan masyarakat disekitar bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Yang penting semangat untuk memberikan sesuatu untuk warga di lingkungan sekitar. Apalagi kalau bukan wawasan dan pengetahuan. Adakan sosialisasi dan komunikasi dengan masyarakat sekitar tentang maksud dan tujuan pendirian taman bacaan yang akan dibuat. Libatkan mereka untuk mendukung taman bacaan ini mulai dari perencanaan sampai dengan pembiayaan. Komunikasi dengan masyarakat penting agar tidak menimbulkan salah penafsiran apalagi curiga kalau taman bacaan ini punya agenda politik praktis.

More
loading...

Popular Posts

Popular Posts

Video Of the Day

More

 
Copyright ©
Created By Sora Templates & Free Blogger Templates